MTsN 1 Tuban Adakan MGMP dengan Tema Implementasi Chat GPT pada Pembelajaran

[Tuban, 28 September 2024]- MTsN 1 Tuban sukses mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang mengusung tema “Implementasi ChatGPT dalam Pembuatan Media Ajar”. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 28 September di aula madrasah, dihadiri oleh para guru IPA Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Tuban 1.

Dawam, S.Ag, selaku wakil dari Kepala Madrasah membuka acara dengan menyampaikan pentingnya inovasi dalam pendidikan. “Di era digital ini, kita dituntut untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efektivitas pembelajaran”, ujarnya. Hal serupa juga disampaikan oleh Nurul Miftahur Rohmah, S.Pd, selaku Ketua MGMP IPA KKM Tuban 1. “Banyak sekali peranan multimedia yang bisa kita manfaatkan dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya Chat GPT”. “ChatGPT dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam menciptakan media ajar yang menarik dan interaktif,” imbuhnya.

Selama MGMP, para peserta mendapatkan pemaparan tentang cara menggunakan ChatGPT untuk membuat berbagai jenis media ajar, seperti modul pembelajaran, kuis interaktif, dan video pembelajaran. Narasumber yang diundang, Akh Edy Ismanto menjelaskan langkah-langkah praktis dalam memanfaatkan AI untuk menghasilkan konten pendidikan yang berkualitas.

Setelah sesi pemaparan, guru-guru berdiskusi dan berkolaborasi dalam merancang media ajar menggunakan ChatGPT. Diskusi berjalan dinamis, dengan berbagai ide inovatif bermunculan, seperti penggunaan ChatGPT untuk membuat soal-soal latihan dan menjawab pertanyaan siswa secara real-time.

Dengan adanya kegiatan ini, MTsN 1 Tuban menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan, memanfaatkan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan.

MTsN 1 Tuban Adakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H dengan Meriah

MTsN 1 Tuban menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Selasa, 17 September 2024, dengan penuh khidmat dan antusiasme. Acara ini diadakan di halaman madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa, guru, serta staf madrasah.

Turut pula hadir dalam acara ini, Ummu Kulsum, S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Kabupaten Tuban, dan Latifatul Auniyah, Pengawas Madrasah Tsanawiyah di lingkungan KanKemenag Kab. Tuban. Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, dan dilanjut dengan pidato yang disampaikan oleh perwakilan siswa, bertemakan moderasi beragama. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Dawam, selaku ketua panitia, Ali Maghfur, selaku Kepala Madrasah, serta Ummu Kulsum, selaku Kakankemenag Tuban.

Ali Maghfur, mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara ini. “Peringatan Maulid Nabi Muhammad adalah momen penting untuk kita semua. Selain sebagai bentuk syukur atas kelahiran Nabi, acara ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar seluruh keluarga besar MTsN 1 Tuban” ujarnya, dalam sambutan.

Sedangkan dalam sambutannya, Ummu Kulsum menyampaikan bahwa guru memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan masa depan siswa. “Maka kembangkan dan tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda sebagai pendidik melalui pelatihan, membaca, dan pengalaman. Dengan begitu, Anda dapat memberikan pendidikan yang relevan sesuai kebutuhan siswa“.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mahallul qiyam yang diiringi oleh grup rebana madrasah, dan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Kyai Mashudi, seorang da’i Mojokerto yang dikenal luas di kalangan masyarakat. Dalam tausiyahnya, Kyai Mashudi mengajak seluruh siswa untuk meneladani akhlak dan perjuangan Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya perayaan ini, diharapkan para siswa dapat lebih memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai ajaran Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari. MTsN 1 Tuban berharap agar acara serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang, sebagai bagian dari upaya untuk mendidik generasi muda yang berakhlak mulia.

Raih Penghargaan pada Malam Anugerah Tuban Creative Festival, MTsN 1 Tuban Bawa Pulang Piala

Tuban, 15 September 2024, – MTsN 1 Tuban berhasil mencatatkan prestasi gemilang pada Malam AnugerahTuban Creative Festival 2024 yang diselenggarakan pada Minggu malam di Tuban Abirama. Acara bergengsi ini sebagai bentuk penyerahan penghargaan atas pemenang Tuban Specta Night Carnival yang diselenggarakan pada Agustus 2024 lalu. Dalam acara bergengsi ini, MTsN 1 Tuban dianugerahi penghargaan sebagai Juara 2 pada Kategori SMP/MTs/ Sederajat.

Penghargaan ini diraih berkat pencapaian dan dedikasi siswa-siswi Tim Karnival serta Bapak Ibu Guru yang memberikan dukungan penuh atas kontribusinya untuk kegiatan ini. Ali Maghfur, selaku Kepala Madrasah menyatakan, “Saya mengucapkan banyak terima kasih atas anugerah malam ini. Ini tidak lepas dari kerja keras siswa-siswi tim karnival. Sudah dua kali kita mengikuti kegiatan ini dan kita selalu juara. Semoga tahun depan tetap istiqomah dan tetap yang terbaik”.

Penghargaan ini semakin memperkuat motivasi MTsN 1 Tuban untuk memberikan yang terbaik dalam aspek segala bidang, khususnya terhadap kualitas dan pengembangan siswa. Dengan pencapaian ini, MTsN 1 Tuban berharap dapat terus berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk seluruh siswa dan komunitas madrasah.

MTsN 1 Tuban Gelar Pemilihan Ketua OSIS dan Dewan Kerja Galang Layaknya Pemilu

Tuban, (14/09/2024) MTsN 1 Tuban dengan bangga mengumumkan pelaksanaan pemilihan ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan DKG (Dewan Kerja Galang) yang berlangsung layaknya Pemilu pada tanggal 14 September 2024. Kegiatan ini menggunakan berbagai atribut Pemilu, seperti daftar hadir, 3 TPS, 9 bilik suara, surat suara, petugas pemilu, papan perhitungan, formulir C1, serta tinta pemilu, dengan jumlah total 946 pemilih, yang terdiri dari seluruh siswa, guru serta karyawan madrasah.

Acara pemilihan kali ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil-Aalamiin (P5P2RA) “Suara Demokrasi” yang dirancang untuk memastikan proses pemilihan yang adil, transparan, dan melibatkan seluruh siswa.

Dalam pemilihan tahun ini, terdapat tiga kandidat OSIS dan 3 kandidat DKG. Ana Citta dan M. Raka Salauden (Paslon 1), M. Farid Isnain dan Haidar Alifudin (Paslon 2), dan Gayuh Maulidits Tsani dan Azula Dwi Anindya (Paslon 3), sebagai kandidat OSIS. Sebaliknya, kandidat DKG adalah Indrawati dan Agata Rasendriya (Paslon 1), M. Qowiyyul Waqy dan Callista Anggun (Paslon 2), dan Naila Lutvia dan Muhammad Syamsuddien (Paslon 3).

Ketua Panitia Pemilihan, Ibu Susiana Indah, S.Pd. menyatakan, “Kami sangat senang dapat menerapkan sistem Suara Demokrasi dalam pemilihan ketua OSIS kali ini. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi siswa dan memastikan bahwa setiap suara dihitung dengan adil. Kami berharap ini dapat memperkuat budaya demokrasi di madrasah kami.”

Hasil sementara pemilihan menunjukkan Ana Citta dan M. Raka Salauden (Paslon 1) unggul dari paslon OSIS lain, dan Indrawati dan Agata Rasendriya (Paslon 1) unggul sebagai paslon DKG. Pengumuman resmi mengenai ketua OSIS dan DKG terpilih akan dilaksanakan pada pekan depan saat upacara bendera berlangsung.

Dengan penerapan sistem Suara Demokrasi, MTsN 1 Tuban berharap dapat memberikan contoh yang baik tentang bagaimana proses pemilihan dapat dilakukan secara adil dan transparan, serta mendorong keterlibatan aktif seluruh siswa dalam kegiatan madrasah.

MTsN 1 Tuban Adakan Debat Paslon OSIS dan DKG, Tumbuhkan Semangat Demokrasi di Kalangan Pelajar

Tuban, 9 September 2024 — MTsN 1 Tuban mengadakan acara debat calon Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Dewan Kerja Galang (DKG) yang diikuti oleh para calon kandidat. Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para kandidat untuk mengemukakan visi, misi, dan program kerja mereka kepada rekan-rekan siswa sebagai bagian dari proses pemilihan ketua dan pengurus OSIS dan DKG periode 2024/2025.

Debat yang berlangsung di halaman sekolah ini dimoderatori oleh Bu Ratna, dan dihadiri oleh seluruh siswa dan guru yang ingin menyaksikan proses demokrasi di lingkungan madrasah. Acara dimulai setelah prosesi upacara hari Senin, siswa diminta tetap pada barisannya untuk mengikuti seluruh prosesi rangkaian debat.

Sebelum prosesi debat, para calon diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan mempresentasikan visi misi program mereka. Para peserta debat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh moderator dan panelis. Beberapa isu utama yang dibahas termasuk perbaikan fasilitas sekolah, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, dan peningkatan komunikasi antara siswa dan guru.

Debat ini tidak hanya memberikan informasi yang berharga bagi siswa mengenai pilihan mereka, tetapi juga mengajarkan keterampilan berargumentasi, berpikir kritis, dan berbicara di depan umum. Ali Maghfur, selaku Kepala Madrasah berharap kegiatan ini dapat mendorong lebih banyak siswa untuk aktif terlibat dalam kegiatan organisasi dan membantu mereka dalam membentuk karakter kepemimpinan yang baik.

Pemilihan ketua dan pengurus OSIS dan DKG MTsN 1 Tuban dijadwalkan akan berlangsung pada minggu depan, 14 September 2024, dan diharapkan hasil dari debat ini akan membantu siswa dalam membuat keputusan dalam menentukan calon masa depan organisasi madrasah.

Usung Tema Sumater Barat, MTsN 1 Tuban Meriahkan Tuban Specta Night Carnival 2024

MTsN 1 Tuban sukses mencuri perhatian dalam karnival tahunan yang diselenggarakan oleh Kabupaten Tuban pada hari Sabtu (31/08) lalu dengan mengusung tema “Sumatera Barat”. Dalam acara yang memiliki rute Taman Sleko hingga Gor Rangga Jaya Anoraga tersebut, siswa-siswi tampil dengan beragam kostum dan pertunjukan yang mengangkat keindahan budaya Sumatera Barat.

Parade dimulai dengan atraksi yang memukau, di mana para siswa mengenakan pakaian adat Minangkabau yang penuh warna. Tidak hanya sekadar berpakaian tradisional, mereka juga menampilkan tarian khas, Tari Piring, yang mendapat sambutan hangat dari penonton. Penampilan tersebut menjadi salah satu daya tarik utama dalam karnival, memperlihatkan dedikasi dan kreativitas para peserta.

Keberhasilan MTsN 1 Tuban dalam karnival ini tidak hanya membanggakan pihak madrasah, tetapi juga menunjukkan komitmen mereka dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia.
Semua pihak yang terlibat merasa bangga atas pencapaian ini dan berharap acara ini dapat menjadi inspirasi untuk kegiatan serupa di masa depan.