Take And Give

Foto by Ismatul izzah INKAFA
Foto by Sahro Wardil Lathif IAI Tabah.

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi praktik diharapkan mampu memotivasi masyarakat sekolah dalam usaha mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tuban sebagai sekolah yang menjadi salah satu sasaran penempatan mahasiswa PPL diharapkan akan menjadi lebih aktif dan kreatif. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi observasi Pra PPL dan pelaksanaan PPL di sekolah. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas VII, VIII dan tambahan untuk kelas IX. Sebelum melakukan praktik mengajar mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan dalam mengajar. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa juga mempunyai Guru Pembimbing Lapangan pada masing-masing progam studi yang harapannya dapat membimbing mahasiswa dalam praktik mengajar.

Dalam kegiatan PPL tahun 2022 ini MTsN 1 Tuban kedatangan Mahasiswa dari dua kampus yang berbeda, yakni Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) sebanyak 15 orang dan Institut Agama Islam Tarbiyatul Tholabah (IAI TABAH.) Lamongan sebanyak 7 orang (24/10/2022). Mahasiswa mahasiswa ini akan melaksanakan kegiatan yang menjadi bagian dari program kampus masing masing dalam rangka untuk mewujutkan mahasiswa yang memiliki skill dalam bidang keguruan yang bermutu dan berbasis islam. mereka akan melaksanakan program ini 1 bulan yakni dari 24 Oktober 2022 hingga 24 November 2022. Kehadiran mahasiswa ditengah tengah siswa MTsN 1 Tuban disambut dengan gembira oleh Kepala Madrasah, Ali Magfur S.Ag. M.PdI. Beliau mengatakan antara kampus dan MTsN 1 harus take and give, harus mampu memberi nuansa baru dan fresh sesuai dengan perkembangan zaman saat sekarang ini, para mahasiswa ini harus mampu memotivasi dan mewarnai kegiatan belajar mengajar para siswa.

Foto by Didi Wahyudi

Siswa MTsN 1 Tuban juga sangat antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar bersama kakak kakak mahasiswa, tak jarang dalam proses pembelajaran mereka menggunakan metode sambil bermain, game, quiz dan media pembelajaran lainya, yang membuat siswa lebih tertarik, gembira dan mudah memahami. Keaktifan kakak mahasiswa ini juga telah menjadi pemicu, motivasi tersendiri bagi para siswa, apalagi para mahasiswa ini menempatkan diri sebagai teman atau ukhti akhi pagi para siswa, ini yang membuat mereka jadi merasa nyaman dalam KBM. Para siswa berpesan kepada mahasiswa PPL agar selalu bisa memberi manfaat bagi siswa siswa lain diluar MTsN 1 Tuban (Shireen Salsabillah Maiza Dinata 9C/Didi.red)

Redaktur: Didi Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *