Semangat Pemuda MTsN 1 Tuban

Foto by kabarfajar.com

Pada tanggal 28 Oktober 2022 merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Tema tersebut memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan untuk menunjukan eksistensi bangsa indonesia dalam melakukan pembangunan peradaban yang unggul.

Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena menjadi tonggak dimulainya pergerakan organisasi pemuda. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Pemuda hari ini adalah tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang (Dikutip dari web youtube Kemenpora RI/Didi.red)

Foto by Susiana/Didi.red
Foto by Susiana/Didi.red

MTsN 1 Tuban juga turut serta dalam memeriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94, dengan melaksanakan upacara di halaman Madrasah dengan penuh khidmat. Seluruh guru dan karyawan mengenakan pakaian Nasional, laki-laki mengenakan beskap sedang perempuan berkebaya, dengan demikian Bapak Ibu guru serta Karyawan di lingkungan MTsN 1 Tuban tampak ayu, gandes, luwes, membuat senang siapa saja yang melihatnya. Demikian juga seluruh siswa siswi mengikuti upacara dengan penuh hikmat dan semangat.

Foto by Susiana/Didi.red

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, MTsN 1 Tuban turut serta mengirim perwakilan peserta upacara di Alon-alon kota Tuban, mereka adalah Mohamad Fauzan Idrus 9B dan Ananda Aura Fadhila 9C dengan mengenakan pakaian adat Kalimantan Selatan. Dan dalam kesempatan upacara tersebut Mas Bupati juga memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang mewakili dan MTsN 1 Tuban sebagai Instansi yang mendelegasikan mereka.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dihadiri Forkopimda Tuban, Sekda Tuban, Budi Wiyana, dan pimpinan OPD serta diikuti organisasi kepemudaan, mahasiswa, hingga pelajar, mengungkapkan peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum untuk meneguhkan kembali semangat kebhinekaan pada jati diri generasi penerus Kabupaten Tuban. Persatuan dan kesatuan menjadi modal berharga pembangunan.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, pemuda saat ini memiliki andil besar dalam pembangunan bangsa Indonesia. Mas Lindra menegaskan pemuda menjadi kekuatan utama roda penggerak kemajuan. Tongkat estafet pembangunan yang diserahkan generasi sebelumnya harus dijawab dengan karya nyata. Tidak terkecuali di Kabupaten Tuban, generasi muda harus mampu menjawab tantangan tersebut dengan mengharumkan nama tanah kelahirannya di tingkat regional hingga nasional (sumber pemkab.com/Didi.red)

Redaktur: Didi Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *