Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Foto by susi/Didi.red

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :

  • Usaha pengembangan madrasah,
  • Pelaksanaan tugas managerial
  • Pengembangan kewirausahaan
  • Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  • Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali. PKKM merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi. (Sumber dari kemenag.go.id/Didi.red)

Foto by susi/Didi.red
Foto by susi/Didi.red

Ketua Pokjawas, Moch. Mochtarom Ni’am bersama pengawas Madrasah Tsanawiyah Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Abdullah Ulil Albab memberikan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTsN 1 Tuban, Senin (21/11/22). Kegiatan ini dihadiri oleh Tim PKKM MTsN 1 Tuban dan dibuka oleh Kepala Madrasah.

Dalam kegiatan ini Kepala Madrasah, Ali Magfur, S.Ag. M.Pd.I. bersama Tim PKKM menunjukan profil MTsN 1 Tuban sesuai dengan data yang telah disiapkan dan ditata, menyimak dan merespon pembinaan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan administrasi yang telah ada dari kedua Pokjawas MTs tersebut.

“Alhamdulillah semua administrasi telah tersedia dan tersusun dengan baik, sesuai dengan yang diharapkan”.  Jelas dari kedua Pokjawas. Namun demikian tidak ada yang sempurna, yang jelas MTsN 1 Tuban sudah melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

Foto by susi/Didi.red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *