Upacara Hari Senin, Ingatkan tentang Kebersihan, Ketertiban, dan Kedisiplinan.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tuban melaksanakan upacara bendera hari Senin, (29/07/2024) yang dilaksanakan secara rutin  pada pukul 07.00 di lapangan MTsN 1 Tuban. Petugas upacara pada hari ini adalah para siswa kelas IX, dan Wiwik Tri Wahyuni, S.Pd sebagai inspektur upacara, selaku wali kelas IX B. Upacara ini diikuti oleh seluruh Pendidiik, Tenaga Pendidik,  dan siswa MTsN 1 Tuban.

Dalam amanatnya, Wiwik memberikan apresiasi terhadap petugas upacara karena telah melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, serta gigih dalam latihan di bawah teriknya matahari, dan berusaha tidak melakukan kesalahan saat upacara sedang berlangsung. Adapun kepada seluruh siswa, Wiwik berpesan untuk tetap menjaga kebersihan, ketertiban dan kedisiplinan. Siswa hendaknya selalu mengingat pedoman “kebersihan sebagian dari iman”. Kebersihan adalah hal mutlak yang dibutuhkan oleh semua orang dan merupakan bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan. “Sudah disediakan lingkungan yang bagus, tugas kita hanya tinggal menjaga, dan membersihkan.” Menurut penuturannya, lingkungan sekolah yang bagus akan mempengaruhi kualitas kegiatan belajar mengajar di sekolah. Lingkungan yang bersih akan memberikan rasa nyaman saat kegiatan belajar sedang berlangsung.

Beliau juga menghimbau agar seluruh siswa MTsN 1 Tuban senantiasa menjaga kedisiplinan dan ketertiban. Dua aspek ini merupakan kunci yang penting dalam pembentukan karakter. Karakter yang kuat akan membentuk generasi yang hebat. “Kalian harus terbiasa, memaksa diri kalian sendiri untuk pintar mengatur waktu, mendahulukan yang menjadi prioritas, dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas. Semua itu akan terasa ringan kalau kalian mengerjakan dengan disiplin”, ujarnya.

Peringatan Tahun Baru Hijriyah dan Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Tuban

Hari ini (20/07/2024) Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Tuban memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 H sekaligus Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan di Gedung Asrama Haji, Tuban.  Acara ini dibuka dengan bacaan basmalah, dan dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Alquran, pembacaan sholawat Nabi,  sebelum masuk ke acara inti, pengukuhan pengurus DWP Periode 2024/2025.

Umi Kulsum, Ketua Kementerian Agama Kabupaten Tuban, sekaligus Penasihat DWP mengukuhkan 31 pengurus baru DWP dengan  Azizatur Rohmah Nurpuat sebagai ketua.  

Dalam sambutannya, Umi Kulsum mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas kerja keras pengurus DWP karena telah mempersatukan 550 istri ASN dalam satu forum yang bertemakan kegiatan 1 Muharram ini. “Tujuan kegiatan ini adalah peringatan Tahun baru IsIam, dari yang belum maksimal dimaksimalkan dari yang sudah baik ditingkatkan ke yang lebih baik lagi,” ujarnya.  Ia juga menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota DWP untuk lebih aktif pada giat DWP dan meningkatkan peran kepengurusan, serta dapat membantu suami dalam mensosialisasikan program Kemenag kepada masyarakat.

Hal yang sama juga diucapkan oleh Azizatur Rohmah dalam sambutan perdananya sebagai ketua pengurus DWP. Ia berharap sebagai istri ASN, sudah selayaknya dapat lebih aktif dalam kontribusi untuk Masyarakat.  “Selain kita sebagai pendukung suami juga diharapkan bisa memberikan kontribusi positif untuk instansi dan Masyarakat,” ujarnya.

Acara ini menghadirkan da’i dari pimpinan Pondok Pesantren Al-Falah Pacul Bojonegoro, KH. Tajudin Malta. Pria humoris ini mengajak seluruh yang hadir untuk banyak bersedekah di bulan Muharram.

Sebanyak 43 ASN MTsN 1 Tuban turut hadir dalam acara ini.

Menang di Cabang Olahraga Tenis Meja, Siswa MTsN 1 Tuban Borong Medali dalam PORKAB Tahun 2024

Silmi, Juara III Tenis Meja Putri

Baru-baru ini, siswa-siswi MTsN 1 Tuban menoreh berbagai prestasi dalam Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban yang diselenggarakan pada bulan Juli 2024.  Hal ini menambah deretan prestasi yang telah diraih MTsN 1 Tuban. Tak hanya berprestasi di bidang akademik, tapi juga di bidang non-akademik, khususnya olahraga. Ragam cabang olahraga dilombakan pada Porkab tahun ini, salah satunya adalah Tenis Meja.

Terdapat dua atlet Tenis Meja yang merupakan siswa MTsN 1 Tuban.

Silmi Auliya Baqir J (Kelas VII) mewakili Kecamatan Merakurak berhasil melalui babak penyisihan hingga babak final, dan berhasil keluar sebagai Juara III Tenis Meja (Putri).

Adapun Desta Giofani (Kelas VIII I) yang mewakili Kecamatan Jenu berhasil melalui babak final dan keluar sebagai Juara II Tenis Meja (Campuran).

Baik Silmi maupun Desta tidak menyangka akan keluar sebagai juara dan merasa bangga dapat menyumbang prestasi untuk desa yang diwakilinya, dan juga pada almamater nya, MTsN 1 Tuban.  

Ali Maghfur selaku Kepala MTsN 1 Tuban memberikan apresiasi yang sangat besar, dan berharap kejuaraan yang telah diraih dapat dijadikan motivasi oleh para siswa lain untuk mendalami bakat dan minat yang dimiliki. “Kalau sudah ketemu apa yang disukai, nanti pasti sekolah akan memberikan fasilitas untuk menunjang bakat tersebut, sehingga dapat menjadi delegasi lomba-lomba berikutnya”, ujarnya. (Asfa)

Masa Orientasi Pramuka (MOP) MTsN 1 Tuban sebagai Penutupan Rangkaian Masa Ta’aruf Madrasah (MATSAMA) Tahun 2024

Pagi ini, (16/07/2024) MTsN 1 Tuban melangsungkan kegiatan Masa Orientasi Pramuka, atau biasa disingkat MOP. Masa Orientasi Pramuka merupakan bentuk kegiatan yang di dalamnya berisi pengenalan tentang dasar kepramukaan yang ada di madrasah.  Kegiatan ini diikuti oleh siswa baru kelas VII, sebagai ajang penutupan seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA Tahun 2024 dan hanya berlangsung selama satu hari. Kegiatan ini memiliki tujuan menumbuhkan watak disiplin, kepemimpinan dan kemandirian siswa.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 1 Tuban menuturkan bahwa pramuka merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh setiap siswa sebagai perwujudan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang lebih baik, mandiri, serta sanggup bertanggung jawab. Kegiatan hari ini bertemakan “Membentuk Generasi yang Cerdas, Mandiri, Berprestasi, Berakhlak Karimah dan Berwawasan Kebangsaan”.

“Kalian harus cerdas, cerdas dalam maksud gampang mencerna dan memahami arahan kakak pembina. Selain itu harus juga mandiri. Bisa mengurus diri sendiri tanpa harus bergantung dengan orang lain. Bukan maksud tidak mau ditolong, tapi harus bisa berdiri di kaki sendiri kalaupun ada di situasi tertentu”

Ia menegaskan,

“Percuma berprestasi kalau tidak bisa berkelakuan baik, maka orang pun akan enggan mendekat. Maka teruslah berbuat kebaikan, punya akhlak yang bagus, agar prestasimu tidak hanya bergengsi tapi juga membawa keberkahan bagi banyak orang. Dan yang paling penting, jangan pernah lupa sama tanah air. Ingat semua perjuangan pendahulu kita, junjung terus Indonesia.”

Dengan bacaan Basmalah, Ali Maghfur membuka rangkaian acara MOP MTsN 1 Tuban dan diikuti oleh dua kali tepuk pramuka. (Asfa)

Upacara Awal Tahun Ajaran Baru 2024/2025 MTsN 1 Tuban

Hari ini, Senin (15/7/2024) MTsN 1 Tuban melaksanakan upacara Senin sekaligus merupakan upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2024/2025. Upacara ini dilaksanakan di halaman madrasah yang diikuti oleh seluruh siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan MTsN 1 Tuban.

Pada kegiatan ini, Ali Maghfur, yang merupakan kepala Madrasah sekaligus Pembina upacara pada hari ini menyampaikan pesan kepada seluruh siswa, khususnya kelas VII, siswa baru MTsN 1 Tuban.

Kalian semua merupakan siswa dari madrasah yang telah berdiri sejak lama. Sudah seharusnya punya rasa bangga karena menjadi pilihan dan bagian dari madrasah ini. Adapun untuk kakak kelas VIII dan IX, jadilah panutan yang baik, berikan contoh serta kenyamanan kepada adik-adik kalian yang sekarang kelas VII. Jangan pernah sekalipun melakukan “bullying”!

Ia juga menambahkan,

“Teruntuk kelas VII, mulailah untuk beradaptasi! Sesuaikan diri kalian dengan citra Madrasah ini. Apabila dari SD atau MI sebelumnya sudah berkelakuan baik, maka lanjutkanlah!”

Dalam arahannya, pria 2 putra ini mengingatkan bahwa sudah seharusnya warga MTsN 1 Tuban membangun prestasi sejak dini dan memupuk program-program Islami, sesuai dengan motto “Madrasahku adalah Surgaku”.

Pada akhir upacara, Ali Maghfur memberikan apresiasi kepada para siswa yang berhasil menjuarai PORKAB VIII 2024. Pada PORKAB VIII tahun ini, MTsN 1 Tuban berhasil menoreh prestasi, Juara 1 Panahan, Juara II dan III Muathay (Putri), dan Juara III Muathay (Putra). Besar harapan agar prestasi kali ini dapat dijadikan motivasi para siswa untuk menoreh prestasi berikutnya.  

Matsama dan Rapat Dinas MTs Negeri 1 Tuban Dihadiri oleh Ibu kepala Kementrian Agama Kabupaten Tuban

Matsama atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah MTsN 1 Tuban Tahun 2024 diikuti oleh 315 peserta didik baru dan berlangsung pada tanggal 12-13 Juli 2024. Umi kulsum, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Tuban dalam sambutannya menyampaikan

“Kalian anak-anak yang terpilih melalui seleksi PPDB yang dikuti oleh 417 pendaftar dan hanya diterima sebanyak 315 peserta didik. Manfaatkan kesempatan ini untuk maju menggali prestasi bersama MTsN 1!”

Dalam kesempatan pembinaan guru dan pegawai, Beliau mengingatkan agar Madrasah dapat mengikuti tagline nya, yakni Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia. Banyak hal yang harus ditinjau ulang demi terwujudnya visi misi dengan cara merealisasikan program-program prioritas. Program prioritas tersebut dapat mencakup pembuatan program kerja wakil kepala, melakukan bimtek untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Beliau dalam pidato nya juga berpesan agar Madrasah memanfaatkan sumber daya serta dana yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Terakhir, sebelum mengakhiri sesi, Umi Kulsum berpesan agar para pendidik dapat tetap berpedoman pada kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian sosial.